Installasi arm-linux-gcc-4.3.2 pada Ubuntu 10.10

Arm-linux-gcc adalah software cross compiler pada komputer yang dikhususkan untuk mengkompilasi program menjadi bit-bit biner yang bisa dijalankan oleh mikrokontroller dengan arsitektur ARM. Langkah-langkah instalasi arm-linux-gcc 4.3.2 adalah sebagai berikut :

Buka program Terminal pada ubuntu dengan cara klik toolbar Applications, pilih Accessories, sorot dan klik Terminal.


Ketik sudo nautilus, kemudian masukkan password untuk root access anda dan tekan enter.

Maka akan segera terbuka jendela baru file browser dengan akses root didalamnya. Akses dengan level root diperlukan untuk melakukan editing file pada file-file yang ada pada File System Ubuntu. Selain menggunakan nautilus proses ekstraksi juga dapat dilakukan melalui konsol pada Terminal.






Selanjutnya pilih File System, buka folder usr, kemudian buka folder src, copy kan file arm-linux-gcc-4.3.2.tgz disini. Setelah proses copy selesai klik kanan file dan pilih Open With Archive Manager.


Pada windows Archive Manager dobel klik untuk membuka folder usr/local/ menuju folder arm. Klik kanan pada folder arm, pilih Extract...


 Folder arm akan diekstrak pada direktori usr/local/ oleh karena itu klik tombol folder usr kemudian Dobel Klik folder local dan  Klik Extract pada direktori ini.



Setelah proses ekstraksi selesai maka dalam direktori File System : /usr/local akan ada folder arm hasil ekstraksi, folder arm berisi folder 4.3.2 yang didalamnya berisi folder dan file dari program arm-linux-gcc-4.3.2.

Sekarang kita kembali pada Terminal, jika masih dalam mode menjalankan nautilus ketik Ctrl+C, maka nautilus akan berhenti dan  menutup programnya sendiri.
sudo bash
masukkan password root anda dan tekan enter.

Dari langkah-langkah sebelumnya diketahui bahwa alamat arm-linux-gcc-4.3.2 ada pada /usr/local/arm/4.3.2 dan file-file compilernya berada pada folder bin, maka kita perlu mendaftarkan alamat compiler tersebut pada PATH Linux.

 export PATH=$PATH:/usr/local/arm/4.3.2/bin 
Untuk mengetahui status awal maupun isi terbaru PATH bisa dilakukan dengan perintah echo $PATH.

Untuk memeriksa apakah arm-linux-gcc telah terinstal, ketik
 arm-linux-gcc -v 

Jika telah terinstal maka akan tampil teks yang berisi penjelasan versi arm-linux-gcc
… gcc version 4.3.2 (Sourcery G++ Lite 2008q3-72)


Mohon dibenarkan jka ada pertanyaan atau koreksi :-)
Selamat mencoba!

Posted in , , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
(C) ELDEVTRONICS. Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.